5 Alasan Pentingnya Memilih Pergaulan yang Berkualitas demi Kebaikanmu

By Administrator 16 Nov 2022, 08:19:06 WIB Gaya Hidup
5 Alasan Pentingnya Memilih Pergaulan yang Berkualitas demi Kebaikanmu

Jangan pernah meremehkan pengaruh pergaulan di dalam hidupmu. Kamu perlu selektif dalam memilih pergaulan yang berkualitas demi kebaikan dimu sendiri. Jika kamu salah memilih, maka hanya akan menjerumuskanmu menjadi pribadi yang tidak baik. Sedangkan pergaulan berkualitas akan menciptakan hubungan pertemanan yang sehat dan memberi pengaruh yang positif untukmu. Inilah lima alasan pentingnya memilih pergaulan yang berkualitas demi kebaikanmu.

1. Akan membentuk pola pikir yang semakin maju, optimis dan positif

Berada di dalam pergaulan yang berkualitas akan membentuk pola pikirmu berubah semakin baik. Karena kamu berbaur dengan orang-orang yang positif, sehingga topik pembicaraan yang dibahas juga akan selalu berbobot. Baik pembahasan mengenai ilmu pengetahuan, wawasan maupun pengalaman yang pernah dialami masing-masing personal.

Dengan begitu secara tidak langsung akan memberikan dampak yang baik pula untuk pola pikirmu. Kamu akan berpikir lebih maju ke depan, optimis dan bisa memandang segala hal dengan pemikiran yang positif. Kamu jauh dari negative thinking, overthinking ataupun suka mengeluh akan sesuatu hal.

2. Akan memiliki berbagai macam sudut pandang yang berbeda

Berkumpul dengan orang-orang yang berkualitas akan menambah pengetahuanmu dalam menilai dan memutuskan sesuatu. Kamu tidak lagi berpatokan pada satu hal, yaitu sudut pandangmu saja. Namun, kamu akan memiliki berbagai macam sudut pandang yang berbeda sehingga membuatmu lebih berhati-hati dan bijak saat hendak mengambil suatu langkah atau keputusan.

Perlahan-lahan kamu juga akan kaya dengan ilmu karena sering berbagi wawasan dengan orang-orang yang berkualitas. Sehingga pemikiranmu dalam memandang sesuatu tidak lagi terbatas, kamu bisa memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi sehingga bukan hanya mengambil satu solusi dalam menyelesaikan permasalahan, namun juga memiliki banyak cara untuk bisa menyelesaikannya. Sehingga kamu semakin piawai dalam mengatasi berbagai macam masalah di dalam hidup.

3. Memacu diri untuk terus mengembangkan diri dan menggali potensi

Berkumpul dengan orang-orang berkualitas yang memikirkan masa depan serta suka bereksplorasi dalam berbagai hal demi mengembangkan minat dan bakat tentunya akan semakin memacu dirimu untuk terus mengembangkan diri. Kamu tentu tak ingin kalah seperti mereka yang selalu optimis dalam meraih kesuksesan di masa depan. Keyakinan mereka akan menular padamu bahwa selama mau berusaha dan belajar dengan baik pasti ada jalan meraih apa yang kamu impikan.

Sharing, berbagi pendapat dan bertukar pikiran dengan orang-orang berkualitas akan membuatmu terus menggali potensi diri yang kamu miliki. Sekalipun kamu gagal saat mencoba, lingkungan pergaulanmu akan memberikan dukungan dan semangat agar kamu bangkit kembali. Mereka yang selalu berpikir positif akan membantumu memandangan kegagalan sebagai langkah awal menuju kesuksesan sehingga tidak perlu diratapi berlarut-larut.

4. Jauh dari rasa cemas yang berlebih saat memandang sesuatu hal

Orang-orang berkualitas yang terbiasa berpikir positif akan menularkan sikap positifnya tersebut padamu saat kamu terbiasa membangun komunikasi dan interaksi dengan mereka. Kamu jauh dari pikiran-pikiran negatif dalam memandang sesuatu hal. Sehingga kamu jauh dari rasa cemas yang berlebih karena khawatir akan terjadi sesuatu yang sebenarnya hanyalah prediksimu saja dan belum tentu terjadi.

Percayalah bahwa rasa cemas berlebih tak baik jika terus kamu miliki. Karena kamu akan menjadi mudah panik, tidak bisa berpikir rasional dan overthinking dalam memandang suatu hal. Yang ada kamu akan menjadi sulit melangkah dan diam di tempat karena takut melakukan kesalahan akibat rasa cemas berlebih yang kamu rasakan.

5. Mempermudah diri beradaptasi saat berada di lingkungan kerja yang profesional

Tidak semua orang dapat beradaptasi dengan mudah saat berada di lingkungan kerja yang profesional. Apalagi jika rekan-rekan kerja yang ada sudah senior dan memiliki pengalaman yang sudah cukup lama berkecimpung di bidangnya. Maka kamu yang belum terlalu lama masuk dunia kerja akan merasa kikuk dan canggung.

Namun bagi kamu yang memiliki lingkup pergaulan orang-orang berkualitas, hal tersebut bukanlah kendala yang berarti bagimu. Terbiasa berbaur dengan mereka yang memiliki potensi diri akan mempermudahmu beradaptasi saat berada di lingkungan kerja yang profesional. Kamu tahu bagaimana caranya mencairkan suasana saat berada di sekitar orang-orang yang ahli dan bagaimana cara pula menghadapi mereka.

Pergaulan yang baik adalah pergaulan yang bisa memberikanmu pengaruh yang positif dan baik pula bagi dirimu. Maka kamu harus pintar-pintar menyeleksi lingkungan pergaulan yang ingin kamu ikuti. Pilihlah lingkungan pergaulan yang berkualitas demi kebaikan. Nah, lima alasan di atas menunjukkan betapa pentingnya lingkungan pergaulan berkualitas untukmu.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment