Assesmen Bakat Minat 2023

By Administrator 15 Nov 2023, 15:18:06 WIB Pendidikan
Assesmen Bakat Minat 2023

Gambar : Assesment Bakat Minat


Pada tanggal 13 -  15 November 2023, SMAN 5 Madiun beserta seluruh SMA Se Cabang Dinas Pendidikan Madiun mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan Asesmen Bakat Minat (ABM) yang diselenggarakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3), kegiatan tersebut diikuti oleh siswa kelas XII SMAN 5 Madiun dengan total peserta sejumlah 325 siswa. Dan alhamdulillah brjalan dengan lancar

Asesmen Bakat dan Minat Pusmendik (ABM) mengukur potensi individu pada tujuh aspek kemampuan (verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, penggunaan bahasa, dan klerikal) serta minat pada kegiatan atau pekerjaan tertentu. ABM diharapkan dapat membantu siswa untuk mengenal potensi dan minat diri, sebagai alat refleksi, sehingga penyesuaian terhadap tujuan, cita-cita pada program studi atau jenis pekerjaan tertentu dapat dilakukan lebih terarah.

Berbeda dari tes prestasi yang mengukur pengetahuan akademik, ABM disusun tidak berdasar silabus mata pelajaran tertentu. Pengembangan ABM melalui tahapan prosedur asesmen terstandar dan menggunakan analisis dengan pendekatan teori tes modern sehingga hasil asemen dari beberapa subtes, waktu, dan paket yang berbeda akan dapat dibandingkan.

Salah satu langkah yang dilakukan BPPP dalam membantu sekolah untuk mengetahui gambaran bakat dan minat siswa adalah melalui pelayanan ABM. Pelayanan ABM diselenggarakan untuk sekolah-sekolah jenjang SMA/SMK di seluruh indonesia melalui tes berbasis komputer (Computerized Based Test - CBT) secara Full Online.

#Jurnalistik, CHIP, OSIS Sekbid 9

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment