PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

By Administrator 17 Nov 2022, 13:54:16 WIB Pendidikan
PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

Gambar : TIM PENILAI PKKS CABANG DINAS PENDIDIKAN WILAYAH MADIUN


Kinerja kepala sekolah adalah hasil kerja yang dicapai kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi, dan tanggung jawabnya dalam mengelola sekolah yang dipimpinnya. Itulah yang melatarbelakangi adanya agenda tahunan oleh Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah).

Penilaian kinerja kepala sekolah merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas pekerjaan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai kepala sekolah. Tugas pokok kepala sekolah adalah melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah yang dipimpinnya. Hasil penilaian kinerja kepala sekolah bermanfaat bagi Kepala Dinas Pendidikan dalam menentukan promosi, penghargaan, mutasi, dan pembinaan lebih lanjut.

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah merupakan kegiatan rutinitas tahunan untuk menilai kinerja dari Kepala Sekolah yang professional hingga dapat merumuskan sebuah mutu lulusan dari sekolah yang dipimpinnya. Meski ini berkaitan dengan penilaian seorang kepala sekolah, namun instrument yang dinilai banyak melibatkan guru, melibatkan perangkat sekolah di dalamnya. Tim PKKS 2022 yang didalamnya terdiri dari Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Waka Sarpras, Waka Humas dan guru-guru yang bertindak sebagai Kepala Laboratorium dan kepala Perpustakaan serta melibatkan Komite, orang tua Siswa juga Siswa SMAN 5 Madiun.

Penilaianpun berlangsung tanggal 8 Nopember 2022 mulai dari Pukul 08.00 dan berahir di pukul 13.00.  Penilaian yang masing-masing terdiri dari beberapa item, kami urutkan di meja agar tim penilai bisa menilai satu-persatu secara berurutan. Tak lupa Tim PKKS menjawab setiap pertanyaan yang muncul berkaitan berkas yang mereka lihat dan mereka nilai. Dengan bermodalkan apa yang kami tahu dan apa yang telah dilaksanakan,kami menjawab sesuai dengan kapasitas yang kami miliki.

Alhamdulilah kegiatan berjalan lancar dengan suasana hangat yang demikian akrab, hingga berbagai ilmu baru kami dapatkan dalam kegiatan kali ini. Banyak yang bisa kami petik dari kegiatan tahunan ini. Bahwa setiap kegiatan yang dilaksanakan apapun bentuknya, tidak cukup dilaksanakan saja tetapi dokumen, bukti fisik (berupa surat tugas, laporan kegiatan, daftar hadir kegiatan, foto-foto kegiatan, video) senantiasa menjadi sesuatu yang harus kita arsipkan, hingga menjadi bukti otentik dari kegiatan yang telah kita laksanakan.

“Ucapan terimakasih telah menjadi partner yang baik dalam kesempatan kali ini. Peran yang begitu besar Bapak/Ibu tunjukkan dalam kegiatan kali ini “ Demikian Drs. Hari Suyanto. MM selaku koordinator tim penilai mengungkapkan kesan dan pesannya dalam kegiatan kali ini. Ucapan senada pun diungkapkan Dra. Didik Muryati, M.Pd. “ kami merasa betah berada disini, meski hanya sekilas mengenal Bapak/Ibu namun suasana yang terjalin penuh dengan rasa kekeluargaan menjadikan kami merasa begitu dekat dan akrab” ungkap beliau di akhir kegiatan.

Upaya kerjasama tim yang dibangun untuk mencapai tujuan bersama dalam menyelesaikan tugas dengan cara yang efektif dan efisien adalah merupakan kunci kesuksesan dari kegiatan yang dilaksanakan, tak terkecuali dalam kegiatan PKKS kali ini. Bahwa semua ini bukan hasil kerja individu namun hasil kerja tim yang luar biasa. Seluruh komponen sekolah terlibat di dalamnya tanpa kecuali. Semua memiliki peran besar hingga hasil maksimal didapat. “Namun demikian tak ada gading yang tak retak, manusia tempatnya salah dan khilap, kesempurnaan hanya milik Alloh, hingga dalam kegiatan kali ini pun tak luput dari kekurangan disana-sini “ pungkas Mahfud Efendi, S.Pd., M.Pd. selaku kepala sekolah SMA Negeri 5 Madiun

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment