Visi dan Misi

By Administrator 05 Jul 2015, 16:31:30 WIB

Profil SMAN 5 Madiun untuk Majalah

Pada tanggal 5 September 1991 keluarlah Surat Keputusan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan No. 0519/0/1991 SMA 5 Negeri Madiun menyatakan alih fungsi dari SPG Negeri Madiun menjadi SMA Negeri 5 Kota Madiun sampai sekarang. Dengan perjalanannya yang diupayakan dapat mengelola sekolah sebaik – baiknya, alhamduillah SMA Negeri 5 Kota Madiun dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang menghasilkan lulusan – lulusan yang berkualitas.

Sampai tahun 2021 ini, SMA Negeri 5 Kota Madiun sudah memiliki banyak prestasi dengan keanekaragamannya baik akademik maupun non aklademik, karena sekolah memiliki kenyakinan bahwa sekolah dapat mengakomodir dan mengembangkan kecerdasan majemuk peserta didik. Usia boleh muda di tahun ini akan berusia 29 tahun, tetapi prestasi akan selalu dicapai dalam rangka menciptakan lulusan yang makin berkualitas.

Visi

Terwujudnya Insan Yang Berkarakter, Tangguh Dalam Prestasi, Berwawasan Lingkungan Dan Global

Misi

  • Mengupayakan lingkungan yang mencerminkan akhlak mulia, kondusif, dan berorientasi pada 7 K.
  • Meningkatkan kualitas kepribadian, Pengembangan diri, proses pembelajaran, profesionalisme danakuntabilitas.
  • Menerapkan proses pembelajaran berkarakter  yang berbasis teknologi Informasi.
  • Memberdayakan peran serta komite sekolah, Perguruan tinggi, dunia usaha, dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan.
  • Menciptakan SDM yang Kreatif, Inovatif dan Mandiri

Tidak perlu diragukan lagi tentang keberadaan SMA Negeri 5 Madiun, karena sekolah lengkap prestasinya dari sisi SDM dan peserta didiknya. Dengan didukung tenaga pendidik dan tenaga kependidkan yang berkualitas SMA Negeri 5 Madiun mampu mengantarkan peserta didik untuk mencapai prestasi Akademik maupun Non Akademik di tingkat Kota, Regional, Propinsi, Nasional dan Internasional.

Hal baru yang sekolah tawarkan adalah Kelas X untuk program PEMINATAN, Sekolah memberi kesempatan kepada Calon Peswerta Didik Baru untuk menentukan pilihannya :

  1. Peminatan Matematika dan Ilmu – Ilmu Alam
  2. Peminatan Ilmu – Ilmu Sosial
  3. Peminatan Bahasa dan Ilmu Budaya

Peminatan Bahasa dan Ilmu Budaya merupakan peminatan baru di SMA Negeri 5 Kota Madiun, mengingat bahwa sekolah berupaya mengakomodir dan mengembangkan semaksimal mungkin akan keberadaan kecerdasan majemuk peserta didik miliki.

Dengan menyelaraskan program kurikulum yang berimbang, SMA Negeri 5 Madiun pun mengantarkan lulusannya bisa mendapatkan hasil yang yang diidam idamkan oleh semua pihak, di 3 tahun terakhir ini antara lain :

  1. AKPOL
  2. UI
  3. IPB
  4. ITB
  5. UGM
  6. UM
  7. UNDIP, UNS, UNAIR, ITS, POLINEMA
  8. Dan lain – lain dan khusus tahun ini ada seorang peserta didik yang melanjutkan studinya di Jerman.

SMA Negeri 5 Kota Madiun akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk memfasilitasi dan mengoptimalkan potensi kecerdasan majemuk peserta didik, salah satunya juga bekerjasama dengan pihak – pihak terkait, termasuk Perguruan Tinggi yang banyak mendampingi dalam perkembangan psikologi

pesaerta didik, antara lain dari UGM, UII Yogya, UM Malang, dan khusus untuk Calon Peserta Didik