CUACA PANAS KOTA MADIUN

By Kontributor 17 Jan 2023, 14:53:43 WIB Madiunraya
CUACA PANAS KOTA MADIUN

Gambar : CUACA


Rupanya, fenomena itu disebabkan oleh sejumlah faktor. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasannya melalui akun Instagram resminya, Minggu (16/1).

Adapun penyebab udara panas salah satunya disebabkan sejumlah daerah di Indonesia mengalami suhu hingga 35 derajat celcius.

Selain itu, terjadi jeda hujan di beberapa wilayah, meskipun pada periode musim penghujan. Bahkan, sejumlah daerah mengalami jeda hujan selama lebih dari enam hari.

Tidak hanya itu, panas juga disebabkan oleh tutupan awan yang berkurang di sebagian wilayah. Dalam pantauan BMKG, tampak seluruh Jawa hingga Nusa Tenggara terjadi sedikit per-awan-an.

Lebih lanjut, BMKG menjelaskan, jeda hari hujan dan berkurangnya tutupan awan di Pulau Jawa dan sekitarnya ini disebabkan adanya blocking Monsun Asia. Sehingga, sering muncul pusaran angina (vortex) di Samudra Pasifik bagian barat, di Laut Cina Selatan, serta di barat daya Sumatera. Hal inipun menyebabkan aliran masa udara lembab dari utara terhambat dan instruksi udara kering dari selatan lebih dominan pengaruhnya di bagian selatan Indonesia.

Sehingga, BMKG pun memberikan kesimpulan bahwa terjadinya suhu udara panas di musim penghujan ini disebabkan oleh berkurangnya tutupan awan, radiasi matahari yang optimum mencapai permukaan, terjadinya jeda hujan, serta terjadinya blocking Monsun Asia. (WS Hendro/irs/madiuntoday)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment